Rabu, 23 Maret 2011

SUKSES PANEN CABE DI KALAMPANGAN

Sabtu (12/2) kemarin merupakan hari yang membahagiakan bagi petani cabe di Kalampangan, daerah sentra hortikultura di kota Palangka Raya. Acara panen perdana cabe varietas Arimbi dan Dewata sukses dilaksanakan dengan hasil yang memuaskan.. Acara yang bertajuk ” Panen Perdana Cabe Bantuan Bank Indonesia Palangka Raya kepada Kelompok Tani Kalampangan” tersebut dihadiri pimpinan Bank Indonesia Palangka Raya (Aman Rison Sembiring), Kepala Badan Ketahanan Pangan (Jumiyati), Kepala Distannak Kota Palangka Raya mewakili walikota (Asmat Limbong), SKPD lingkup kota Palangka Raya, Kapolsek Sebangau, Camat Sebangau, Koordinator penyuluh, kelompok jabatan fungsional BPPK Kalampangan serta tamu undangan lainnya.

Ketua panitia Juarini di dalam sambutannya menyampaikan bahwa terdapat 2 varietas yang diusahakan petani, yang merupakan bentuk kerjasama antara BI dengan kelompok tani di Kalampangan. Jumlah kelompok tani penerima bantuan dari BI sebanyak 8 kelompok dan pada saat acara digelar terdapat 4 kelompok tani yang panen dengan luas panen 1,5 ha. Panen perdana dilakukan di lahan kelompok tani Harapan Jaya yang diketuai oleh Tarmat. Dalam sesi temu wicara, kelompok tani menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada BI serta instansi terkait atas dukungan yang diberikan.

Pihak BI selaku pemberi bantuan (Aman Rison Sembiring ) menyampaikan bahwa BI berupaya mengajak semua pihak untuk meningkatkan produksi pertanian terutama cabe, peran BI hanya mensuport agar semua pihak tergerak untuk bertindak nyata di lapangan dan tidak terlalu banyak berbicara mengenai peningkatan kesejahteraan melalui workshop,seminar di gedung-gedung/hotel mewah. Wujud kerjasama yang diberikan BI berupa bibit, pestisida, dan dolomit.

Di sela acara, Kadistannak Kota Palangka Raya mewakili walikota menyampaikan bahwa kelangkaan cabe akhir-akhir ini merupakan permasalahan global akibat perubahan iklim sehingga diharapkan semua pihak proaktif berkonsultasi dengan BMKG. Dengan berkonsultasi, tentunya dapat diperoleh informasi tentang kondisi iklim sehingga masyarakat dapat menanam komoditas yang sesuai dengan kondisi iklim (adm).

Dikutip dari :"http://kalteng.litbang.deptan.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=164%3Apimpinan-baru-harapan-baru-refleksi-pergantian-kepala-bptp-kalimantan-tengah&catid=13%3Ainfo-aktual&Itemid=26"

0 komentar:

Posting Komentar